Tipe – Tipe Bus Pariwisata dan Konfigurasi Kapasitas

tipe-tipe-bus-pariwisata-dan-konfigurasi-kapasitas

Sebagai bekal informasi tambahan bagi anda yang ingin sewa bus pariwisata Jakarta, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan konfigurasi kursi yang wajib anda ketahui. Mengapa? Sebab ini merupakan langkah awal dalam mempersiapkan agenda wisata anda sebelum melakukan pembookingan bus pariwisata.

Salah satu manfaat mengetahui konfigurasi kursi bus pariwisata adalah untuk mensiasati persiapan kegiatan anda. Terutama mengenai kapasitas atau jumlah peserta yang ikut dalam acara perjalanan wisata yang sedang anda kerjakan.

Sebenarnya ada beberapa manfaat lain untuk mengetahui konfigurasi kursi bus pariwisata, dan berikut ini ada sederet manfaat yang bisa anda dapatkan setelah mengetahui konfigurasi ini, diataranya:

  1. Kapasitas

Anda dapat menyesuaikan jumlah peserta yang ikut serta dalam program yang sedang anda kerjakan.

  1. Harga Sewa Bus Pariwisata

Anda bisa menyesuaikan biaya sewa bus pariwisata sehingga sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Jenis Kegiatan

Ada jenis bus pariwisata dengan konfigurasi tertentu yang dapat dijadikan pilihan dan bisa disesuaikan dengan jenis kegiatan anda.

  1. Lokasi Wisata

Mungkin ada beberapa lokasi wisata yang tidak bisa di akses menggunakan bus besar. Jadi mungkin anda bisa memilih bus dengan ukuran yang lebih kecil.

  1. Penjumputan

Untuk kebutuhan efisiensi jika anda memilih lokasi penjemputan peserta tidak di satu point. Mungkin anda bisa mencegah pemesanan menjadi 2 unit yang lebih kecil.

  1. Ketersediaan

Disaat ketersediaan bus pariwisata yang anda butuhkan tidak terpenuhi, maka anda bisa menggabungkan bus pariwisata jenis lainnya untuk mengcover kegiatan anda.

Sebagai infomarsi tambahan, berikut ini ada tipe-tipe bus pariwisata dan konfigurasi kursi yang disiapkan. Beberapa contoh diantarnya ada dibawah ini:

  1. Big Bus

Big bus menyediakan seat dengan kapasitas terbanyak dan bisa mencapai 59 penumpang. Konfigurasi kursi pada bus yang satu ini terdapat 2 tipe yaitu 2-2 dan 2-3. Pada konfigurasi 2-2 terdapat 2 kursi di kanan dan 2 kursi di kiri, jumlah kapasitasnya mulai dari 43 seat, 44 seat hingga 47 seat. Untuk konfigurasi 2-3, terdapat 2 kursi di kiri dan 3 kursi di kanan. Konfigurans 2-3 cenderung lebih murah dibandingkan 2-2. Sebab jumlah kursi yang banyak anda bisa berhemat dalam hal penyediaan transportasi.

  1. Bus Medium

Bus medium adalah jenis bus dengan kapasitas sedang, dimana kebutuhannya biasanya sebagai support jika kebutuhan dasar tidak mencukupi kouta penumpang. Namun, terkadang sebagai pilihan utama yang memang jumlah penumpangnya tidak terlalu banyak. Maka pemilihan bus yang satu ini adalah pilihan yang sangat tepat. Adapun jumlah kapasitasnya mulai dari 25 seat, 27 seat, 29 seat dan 31 seat.

  1. Micro Bus

Micro bus terdapat 2 tipe, yaitu Elf short dan Elf long. Kedua jenis ini merupakan kendaraan modifikasi dari pabrikan Isuzu yang didesain untuk kendaraan angkut penumpang. Dengan desain dan fasilitas yang tak kalah seperti bus pariwisata, Elf shor dan Elf long ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan jenis lainnya. Dan idealnya kapasitas kedua micro bus ini yaitu, Elf short (13 – 15 seat) dan Elf long (16 – 19 seat).

  1. Mini Van Toyota Hiace

Jenis angkutan yang terakhir ini tergolong baru, yaitu dirilis pada tahun 2013. Toyota Hiace bukan merupakan hasil karoseri melainkan produk asli keluaran Isuzu yang memiliki desain dan fasilitas untuk sarana transportasi banyak orang. Kapasitas Toyota Hiace ini berjumlah maksimal 15 penumpang.