Ketahui Istilah-istilah Ini Untuk Lebih Mengenal Dunia Penyablonan

Produksicetak.com – Mungkin menghapal istilah-istilah dalam penyablonan tidaklah penting bagi sebagian besar orang. Tapi tentu saja jadi beda persoalannya, buat kamu yang lagi belajar untuk terjun di bidang sablon. Entah sebagai wira usahawan, ataupun mungkin karena mau ada wawancara kerja di perusahaan sablon.

Ketahui Istilah-istilah Ini Untuk Lebih Mengenal Dunia Penyablonan

Selain cukup penting buat mengetahui peralatan dan bahan baku di bidang sablon, misalnya seperti tali lanyard satuan, pastinya mengenal istilah-istilah dalam penyablonan juga penting. Karena dengan memiliki pengetahuan dalam istilah sablon, akan membuat kamu jadi lebih mudah bertindak cepat saat bekerja tanpa banyak merasa kebingungan.

Afdruk Screen

Istilah afdruk screen digunakan untuk menyebut proses dalam membuat cetakan design sablon pada screen dengan menggunakan bantuan cahaya.  Baik menggunakan cahaya alami seperti matahari ataupun cahaya buatan dari sinar lampu.

Gesut

Gesut adalah istilah yang digunakan dalam menyebut proses meratakan rubber atau tinta sablon. Rubber atau tinta tersebut diratakan di atas screen, agar dapat menempel di bahan baku sablon seperti kaos, tas atau tali lanyard satuan.

Pecah Warna

Pecah warna adalah istilah yang digunakan pada saat penyablonan pada gambar yang memiliki warna lebih dari satu. Karena setiap satu cetakan diperuntukkan bagi satu warna, maka cetakan harus disiapkan sebanyak jumlah warnanya. Oleh karena itu, desain gambar harus diedit terlebih dahulu untuk mempersiapkan cetakan bagi  masing-masing warna (pecah warna).

Cabut warna

Istilah cabut diambil dari kata discharge yang berarti lepas atau cabut. Dalam dunia penyablonan, ada istilah sablon discharge, atau sablon cabut warna. Merupakan sablon manual yang mana pada saat penyablonan, warna dasar bahan baku dihilangkan. Ada beberapa obat discharge yang bisa diperoleh di toko sablon.

Dengan menggunakan proses cabut warna, maka tinta sablon akan meresap ke dalam bahan sablon. Sehingga pada saat diraba, hampir tidak akan terasa ada sablonan sama sekali. Sehingga untuk kaos, memberi efek lebih nyaman digunakan. Proses ini biasanya diaplikasikan pada bahan berwarna gelap seperti hitam dan biru dongker.

Film Sablon

Film sablon merupakan sebutan untuk desain yang sudah dicetak di atas kertas kalkir atau kertas HVS. Hasil print inilah yang kemudian digunakan untuk mengafdruk screen.

Nah, itulah beberapa istilah yang biasanya digunakan dalam bidang penyablonan. Jadi sekarang, selain mengenal bahan baku sablon (kain, kaos atau tali lanyard satuan) kamu juga pasti sudah lebih familiar dan menambah pengetahuan tentang dunia sablon, kan?