Kegiatan-Kegiatan Positif Untuk Menjauhi Kenakalan Remaja Pada Anak

kegiatan-kegiatan-positif-untuk-menjauhi-kenakalan-remaja-pada-anak

Tak ada yang menyangkal bahwa setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa kenakalan. Ya, kenakalan inipun kerap terjadi pada anak-anak. Sementara itu kenakalan anak juga berbeda ketika anak tersebut akan mengalami pertumbuhan menuju ke arah yang lebih dewasa seperti pada masa remaja. Pada masa remaja ini adalah masa dimana akan menuju kedewasaan namun masih memiliki pola pikir dan prinsip yang masih sangat labil, sehingga pada masa inilah akan menentukan bagaimana anak akan bersikap dan mengatasi berbagai keadaan dalam lingkungannya. Selain itu pola pikir yang masih labil terkadang sering membawa anak pada pergaulan yang lebih nakal atau pergaulan bebas. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua tentu tidak ingin melihat anak terjerumus dalam pergaulan bebas pada anak remaja kita.

Dampak Buruk Dari Kenakalan Remaja Akibat Pergaulan Bebas

Kenakalan remaja memiliki tingkat yang berbeda-beda dan bahkan kenakalan remaja terkadang mencapai tingkat yang tidak bisa ditolerir lagi atau kenakalan tersebut terkadang menuju pada tindakan ke arah kriminal. Saat ini kenakalan yang kerap terjadi ditengah-tengah kita adalah seperti tawuran, bolos sekolah, mabuk-mabukan, mengikuti suatu kelompok atau geng, mengkonsumsi narkoba, dan bahkan perliku sex bebas. Beberapa kenakalan tersebut merupakan sebuah kenakalan remaja yang banyak terjadi pada saat ini yang tentunya sudah mencapai tingkat yang tidak bisa ditolerir lagi bagi orang tua.

Kegiatan Positif Untuk Menjauhi Anak Pada Kenakalan Remaja Dengan Kegiatan Keluarga

Kegiatan positf untuk menghindari anak dari kenakalan remaja adalah dengan mengajak anak pada kegiatan keluarga seperti mengajak ke tempat-tempat seru seperti taman hiburan atau playground anak. Ya, selain bisa menambah kedekatan orang tua dengan anak, kegiatan bersama ini tentu akan menyita waktu bagi anak yang bisa dilakukan untuk menjauhi anak dari berbagai bentuk kenakalan remaja dan pergaulan bebas di luar sana.

Perbanyak Belajar Ilmu Agama Untuk Menghindari Kenakalan Remaja

Ilmu Agama ternyata memiliki peran penting dalam mendidik anak. Dengan ilmu agama anak tidak akan salah pergaulan hingga menyebabkan hal yang buruk terjadi. Jika agama yang dianut dipegang kuat, tentu anak akan membuat benteng bagi dirinya untuk tidak melakukan hal-hal buruk. Orang tua harus bisa mengarahkan anak pada kegiatan positif sehingga mendapat pegangan yang cukup kuat dan mengerti pergaulan bebas itu dilarang oleh agama.

Menyadari hal-hal tersebut adalah hal yang baik sehingga anda sebagai orang tua bisa memahami jika pergaulan bebas adalah suatu hal yang harus dihindari. Jadi, bertindaklah sekarang juga agar tidak menyesal setelahnya.