Inilah Cara Membuat Dak Beton yang Baik dan Benar

inilah-cara-membuat-dak-beton-yang-baik-dan-benar

Untuk anda yang belum mengetahui arti dari istilah dak, ini adalah sebuah pembatas yang bisanya dibuat antara lantai bawah dan juga lantai atasnya. Tidak hanya itu, dak juga biasanya disebut sebagai proses kontruksi terakhir pada bagian bangunan yang paling atas. Untuk bahannya sendiri dak bisa dibuat memakai beberapa macam dan salah satu yang sering digunakan adalah beton.

Tentunya tidak hanya pada betonnya, pada proses konstruksi terutama pembuatan dak semua bahan dan alat yang digunakan haruslah berkualitas. Ini juga untuk menjamin agar nantinya bangunan anda bisa kuat dan juga tahan lama. Contoh alat yang wajib ada pada proses ini adalah vibrator beton. Dengan menggunakan alat ini, tentunya proses pengecoran dak bisa dikerjakan dengan baik dan menghasikan hasil yang maksimal.

Jika pembuatan bangunan anda memang mengharuskan untuk pembuatan dak, maka akan lebih baik jika anda sebelumnya sudah mengetahui beberapa karakteristik dak beton yang baik itu seperti apa. Pemahaman tentang karakteristik beton wajib dan sangat penting untuk dipahami sebab ini dapat berdampak pada proses pengerjaan dan juga perencanaan dak beton tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertibangan mengenai karakteristik dari dak beton yang baik dan juga benar, diantaranya :

  • Efesien waktu

Dak beton harus bisa dibangun dengan waktu yang sesuai rencana, ini agar nantiya beton bisa kuat dan tidak mudah retak.

  • Rata dan Halus

Sebuah dak beton tentunya juga harus memiliki struktur yang rata dan juga halus, karena ini akan berpengaruh pada fungsinya dan juga nilai akan estetikanya.

  • Biaya yang Ekonomis

Ketika akan membuat dak beton, pertimbangkan biaya pembuatan beton yang lebih terjangkau.

  • Kuat dan Tahan Lama

Ini adalah karakter utama dari sebuah dak beton, yaitu beton harus bisa kuat menahan akan beban diatasnya tanpa harus mengalami kendala apapun.

 

Proses Pengecoran Dak Beton

Dalam proses pembuatan dak beton, tentunya ada proses pengecoran. Proses pengecoran ini bisa didukung dengan memakai alat konstruksi agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Ada beberapa alat yang bisa digunakan dalam pembuatan dak beton itu sendiri, dan salah satunya adalah vibrator exen atau beton.

Alat ini digunakan dalam proses pengecoran agar bahan coran bisa lebih padat dan tidak terdapat udara di dalam coran tersebut. Selain mempengaruhi struktur dak beton udara yang terkurung di dalamnya juga bisa membuat beton cepat lapuk dan mudah retak. Oleh karena itu vibrator beton adalah alat yang harus ada pada proses pengecoran.

Untuk cara kerjanya sebenarnya sangat simple yang mana vibrator akan menghasilkan getaran atau gerakan yang membuat udaran didalam coran keluar dan membuat coran semakin padat. Untuk bisa mendapatkan alat ini cukup mudah, yaitu anda hanya perlu datang pada sebuah toko alat bangunan khsusnya alat-alat kontruksi seperti SARANA MUTU, maka anda akan banyak menemukan jenis alat pemadat mulai dari pemadat tanah, beton dan masih banyak lainnya.