Gunakan Cara Ini Untuk Jilid Dokumen Sendiri, Dijamin Hasilnya Bagus!

Cara Jilid Dokumen Sendiri

Menjilid diperlukan agar dokumen lebih rapi dan enak dibaca. Selain itu, jilid juga berfungsi untuk melindungi dokumen penting. Banyak orang tidak bisa menjilid dokumennya sendiri dan menyerahkannya pada jasa penjilidan, sehingga harus mengeluarkan sejumlah uang. Apalagi kalau jilidnya pakai hard cover, keluar uangnya lebih banyak karena harga jasa jilid hard cover tergolong mahal. Padahal, cara menjilid dokumen sendiri sangatlah mudah. Kalau kamu sedang berusaha menjilid dokumenmu sendiri, pelajari cara-caranya di bawah ini!

Tidak Perlu Bayar Harga Jilid Hard Cover, Ikuti 3 Langkah Ini untuk Menjilid Dokumen Sendiri

Cara Jilid Dokumen Sendiri

Kualitas sebuah dokumen atau buku dapat ditentukan berdasarkan sampulnya. Itulah mengapa semua orang pasti menginginkan kualitas cover yang terbaik untuk dokumennya. Kamu bisa menjilid dokumenmu sendiri di rumah dengan peralatan yang sudah disiapkan. Caranya sangat mudah. Kamu tidak perlu lagi bayar biaya penjilidan yang menguras uang. Cukup lakukan 3 langkah mudah berikut ini, maka hasil jilid dokuemenmu tidak akan kalah dengan hasil jilid di luar sana. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Siapkan Dokumen

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dokumen yang akan dijilid. Pastikan semua dokumen yang kamu butuhkan sudah dicetak serapi mungkin dan tidak ada kesalahan lagi di dalamnya. Rapikan semua tumpukan kertas dengan menjajarkan sisi-sisinya sebelum dijilid. Cek kembali apakah urutan kertasnya sudah benar atau belum. Kalau belum, segera urutkan kembali karena kalau sudah dijilid akan susah untuk membenahinya. Bila semua kertas dokumen sudah rapi, lanjutkan dengan langkah berikutnya.

2. Beri Perekat

Setelah dokumen atau berkas sudah siap dan rapi, berikan perekat pada sisi sebelah kiri dari atas tulisan. Sangat direkomendasikan gunakan lem PVAC yang cocok sebagai perekat kertas. Pastikan semua sisi sebelah kiri sudah rata dengan lem. Jangan sampai ada kertas yang menjorok ke dalam dan tidak terkena perekatnya. Oleskan lem secara hati-hati agar tidak meluber dan mengotori bagian isi dokumen.

3. Pasang Sampul

Langkah terakhir setelah pengeleman adalah memasang sampul. Bahan sampul bisa apa saja sesuai dengan kebutuhan. Lipat kertas sampul sesuai dengan ukuran dokumen. Kemudian bagian tengahnya tempelkan pada sisi sebelah kiri dokumen yang sudah diberi perekat. Rekatnya kertas sampul dengan menekannya berkali-kali sampai hasilnya rapi. Tunggu hingga kering, dan dokumen pun sudah terjilid dengan sempurna.